Artikel

Bagaimana Memulai Berbicara Bahasa Inggris?

Bagaimana Memulai Berbicara Bahasa Inggris?

Selasa, 18 November 2014 Umum

" Saya kurang percaya diri dalam berbicara bahasa Inggris! Tapi saya kurang berani berbicara bahasa Inggris!"

 

permasalahan ini Anda alami dalam belajar Bahasa Inggris. Banyak pelajar di Indonesia yang bercita-cita atau malah berencana untuk meneruskan pendidikannya diluar negeri. Tapi seringkali mereka terbentur dengan kemampuan berbahasa mereka. Hal yang sama juga acap kali dihadapi oleh para pencari pekerjaan. Mereka tidak berhasil mendapatkan pekerjaan impian mereka karena kemampuan berbahasa yang kurang.

Bahasa Inggris adalah satu diantara beberapa bahasa yang diakui sebagai bahasa Internasional dan seringkali dijadikan salah satu syarat untuk bisa diterima di perusahaan didalam negeri sekalipun. Artikel ini akan membahas beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu kemampuan berkomunikasi anda dalam berbahasa Inggris.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memupuk rasa percaya diri. Meskipun Anda tidak yakin bahwa yang Anda ucapkan itu benar, hajar saja. Kalau tidak mencoba, bagaimana Anda bisa berlatih? Rasa percaya diri ini tentu saja harus diikuti dengan beberapa langkah cerdas.

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan agar semakin percaya diri dalam memulai berbicara Bahasa Inggris. Selamat menyimak:

Dengar dan perhatikan.

Perhatikan bagaimana para native speakers berbicara, dan ikutilah cara mereka. Anda bisa melakukan hal ini dengan menonton film atau 'talk shows'. Dengarkan ungkapan-ungkapan yang digunakan. Akan lebih mudah jika Anda bisa merekamnya sehingga bisa mendengarnya berulang-ulang dan berlatih mengucapkannya.

Berlatih, Berlatih, dan Berlatih!

Setelah mendapatkan masukan dan tahu bagaimana mengucapkannya, berlatihlah. Ajak teman dan keluarga Anda untuk bercakap-cakap dalam bahasa Inggris. Nah, sayangnya seringkali orang-orang yang kita harapkan bisa menjadi teman berlatih menolak untuk membantu. Ketika itu terjadi, mau tidak mau Anda harus berlatih sendiri. Ini mungkin akan terdengar sedikit aneh, tapi berlatihlah di depan cermin seolah-olah anda berbicara dengan orang lain. Anggaplah Anda sedang bermain film dan Anda berakting sebagai dua karakter sekaligus. Percayalah, hal ini sudah pernah dilakukan oleh beberapa orang dan hasilnya cukup memuaskan.

Mintalah Saran / Komentar Orang lain

Ketika kita berlatih, kadangkala kita menginginkan komentar dari orang lain tentang kemampuan berbahasa kita. Hal ini sulit dilakukan kecuali kita memiliki seseorang dengan kecakapan dalam hal tersebut. Satu hal yang bisa dilakukan adalah bergabung dengan kelasconversation. Disana para pengajar akan menciptakan suatu konteks dimana Anda bisa bercakap-cakap dalam bahasa Inggris. Biasanya Anda akan diminta untuk tidak terlalu khawatir dengan tata bahasa (grammar). Ketika berlatih, beberapa hal yang Anda ucapkan akan dicatat dan diberi komentar setelahnya. Di tahap inilah tata bahasa akan dibahas, begitu juga dengan aspek-aspek lainnya, seperti: cara pengucapan (pronunciation), pemilihan kata (diction), dan lain-lain. Ini juga merupakan keuntungan lain dari menjadi bagian dari suatu kelas 'conversation' karena kita bisa lebih yakin akan masukan yang kita dapat dan kita memiliki seseorang untuk tempat bertanya.

Ulangi / repetition

Selanjutnya lakukan langkah nomor 1 dan 2 terus menerus ketika Anda diluar kelas. Dengan komitmen dan usaha yang sungguh-sunggguh, pasti Anda akan mampu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris anda dan akhirnya Anda bisa bercakap-cakap dalam bahasa Inggris dengan leluasa.

Empat langkah yang mudah, bukan? Cobalah keempat langkah ini dan melangkahlah kemana saja anda mau di dunia internasional karena mulai sekarang bercakap-cakap dalam bahasa Inggris bukanlah halangan lagi untuk Anda.


Komentar

    Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar